Tips Merawat Mouse Gaming Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Posted on

genericmedmart.com – Sebagai salah satu bagian yang cukup penting dalam bermain game lewat PC atau laptop, merawat mouse gaming harus dilakukan dengan benar agar benda yang satu ini bisa awet dan bertahan lama.

Selain itu, mengingat harga mouse gaming yang cukup mahal, maka ada baiknya kalian harus lebih sedikit aware agar tidak sering ganti mouse.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi akan memberikan tips bagaimana cara merwat benda yang satu ini.

Tips Merawat Mouse Gaming Supaya Tidak Cepat Rusak

Meskipun mouse yang satu ini dibuat secara khusus untuk bisa merespon klik dengan cepat ketika bermain game, anda tetap perlu berhati – hati ketika menggunakannya.

Jika sampai rusak, maka anda akan kesulitan ketika bermain game. Berikut beberapa tips dalam merawat mouse gaming yang bisa kalian coba:

  1. Selalu Gunakan Mouse Pad

Tatakan mouse atau yang juga dikenal dengan sebutan mouse pad merupakan pelindung agar optik mouse tidak cepat rusak.

Kebanyakan orang mungkin hanya tau mouse pad digunakan agar lebih nyaman saja ketika menggunakan mouse.

Padahal mouse pad juga bisa melindungi optik mouse dari benda – benda kasar yang bisa membuat optik menjadi rusak.

Sebab pada umumnya, mouse gaming rusak karena optiknya sudah tidak bisa mendeteksi pergerakan lagi. Jadi mulai sekarang, gunakanlah mouse pad walaupun yang sederhana dan murah sekali pun.

  1. Bersihkan Optik Mouse Secara Berkala

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, salah satu penyebab mouse gaming cepat rusak adalah karena optiknya sudah tidak bisa mendeteksi pergerakan lagi.

Selain karena terlalu sering tidak menggunakan mouse pad, optik ini juga bisa terganggu bila kotor.

Bila anda bermain game FPS, kotoran yang ada di optik mouse gaming anda akan sangat mengganggu. Sebab pergerakan mouse akan menjadi lebih kasar dan tidak seresponsif biasanya.

Untuk membersihkan optik mouse, anda bisa menggunakan kuas kecil atau kapas ke bagian optik yang ada di bawah benda tersebut.

  1. Jangan Sering Cabut dan Menyambungkan Mouse

Berikutnya, jangan terlalu sering mencabut dan menyambungkan kembali mouse gaming. Khususnya bila anda menggunakan mouse wired atau yang menggunakan kabel.

Ada baiknya anda membiarkan mouse tidak tercabut dari port USB komputer atau laptop bila anda tidak ingin pergi untuk membawa laptop tersebut.

Selain itu, berhati – hati pula bila anda ingin menggulung kabel mouse. Sebab terkadang bagian kabel mudah putus dan membuat mouse tidak bisa tersambung lagi dengan komputer.

  1. Matikan Mouse Bila Tidak Dipakai

Dan tips merawat mouse gaming yang terakhir adalah dengan mematikan mouse bilamana sedang tidak dipakai.

Terlebih lagi jika anda adalah pengguna mouse gaming wireless yang sering meninggalkan mousenya tetap hidup. Jika terus dilakukan, maka baterai mouse menjadi lebih cepat habis.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam merawat mouse gaming agar tidak cepat rusak. Sejatinya, bukan hanya mouse saja yang butuh perawatan, semua perangkat pendukung sebaiknya juga diperlakukan dan dirawat dengan baik agar tetap awet.

Penulis : Andra
Editor   : Firdhia Azzahra