Toni Nadal Ragukan Partisipasi Keponakannya Di US Open

Posted on

Berita Tenis: Rafael Nadal, Novak Djokovic, dan Roger Federer berada di garis terdepan dalam Grand Slam mana pun. Setelah Federer memutuskan untuk mengakhiri musim 2020, Nadal dan Djokovic menjadi dua petenis unggulan teratas.

Namun, Nadal merasa berseberangan dengan kalender baru yang dirilis pihak ATP dan meragukan partisipasinya ketika turnamen tenis dilanjutkan.

Dunia tenis saat ini masih vakum sejak Maret lalu akibat pandemi COVID-19. Perhelatan Wimbledon terpaksa dibatalkan, sementara dua Grand Slam lain masih berpeluang untuk digelar. Turnamen tenis rencananya akan kembali dilanjutkan di AS. Tetapi, kalender turnamen yang telah direvisi telah membuat jadwal musim ini menjadi begitu padat.

Kepada ESPN, paman sekaligus mantan pelatih Nadal, Toni Nadal mengungkapkan bahwa keponakannya tersebut merasa ragu untuk berpartisipasi di turnamen tenis, terutama di US Open. Sebelumnya, Toni menyebutkan bahwa Tiga Besar (Federer, Nadal, dan Djokovic) akan menghadapi lebih banyak kendala dibandingkan para petenis yang lebih muda ketika turnamen tenis dilanjutkan.

“Ia (Nadal) merasa ragu. Ia memberi tahu saya tentang kalender turnamen dan saya menemukan bahwa kalender yang baru sedikit kurang kondusif, karena hal itu hampir memberatkan para petenis yang lebih senior, terutama Tiga besar,” ungkap Toni mengenai situasi Nadal dan kelanjutan turnamen tenis.

“Dalam satu bulan, sulit untuk melakoni US Open, Italian Open, Madrid Open, dan French Open. Hal itu hampir tidak layak.”

Empat turnamen akan digelar dalam enam pekan secara beruntun dan keempatnya merupakan turnamen penting bagi petenis top dunia. Ada US Open yang diikuti dengan turnamen clay-court di Roma dan Madrid. Jadwal padat tersebut diakhiri dengan French Open.

Partisipasi Nadal akan jauh lebih penting karena ia merupakan juara bertahan di tiga dari keempat turnamen tersebut.

Pandemi COVID-19 juga belum terlihat melambat. AS memberitakan rekor kasus baru setiap harinya. Bagi US Open, hal itu tentu menjadi batu sandungan yang cukup besar.

Nadal saat ini berusia 34 tahun dan ia tidak bertambah muda. COVID-19 juga mengganggunya dan ia mempertimbangkan untuk melewatkan US Open.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Rafael Nadal