Wasit Nicola Rizzoli Ingin Liga Italia Terapkan Sistem 'Challenge'

Posted on

Berita Liga Italia: Wasit Serie A, Nicola Rizzoli, mengusulkan kepada IFAB untuk menambahkan sistem “challenge” dalam VAR guna membantu wasit dalam mengambil keputusan.

Penggunaan Video Assistant Referee (VAR) sudah memasuki tahun ketiganya di Serie A setelah resmi digunakan pada musim 2017/18 lalu. Pengaplikasian VAR yang dimaksudkan untuk membantu kinerja wasit dalam memimpin jalannya pertandingan ini nyatanya masih jauh dari kata sempurna. Kerap kali penggunaan VAR dalam satu pertandingan justru malah menimbulkan keputusan yang kontroversial.

Sadar akan banyaknya kontroversi yang terjadi di Italia, Nicola Rizzoli, salah satu wasit Serie A, mengusulkan adanya regulasi baru untuk VAR guna membantu wasit dalam mengambil keputusan serta meminimalisir kesalahan dan kontroversial.

Usulan tersebut berupa menambahkan aturan seperti “chalengge” yang biasa digunakan dalam olahraga tennis dan bulu tangkis, serta meminta Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) untuk mempertimbangkan usulan tersebut.

“Hal ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan [penggunaan sistem chalengge di sepak bola]. Ini bukanlah sesuatu yang kami lawan, tetapi keputusan harus dibuat oleh IFAB,” kata Rizzoli dilansir dari Radio Anch’io Sport.

“Di Italia, ada lebih banyak kontroversi dibandingkan dengan negara lain, ini sudah membudaya,” lanjutnya. “Saya tidak akan menentang aturan ini.

“Untuk saat ini, hal ini bukanlah topik yang menarik untuk didiskusikan. Saya tidak tahu apakah kontroversi itu akan hilang.

Meski masih mengaku masih banyak kekurangan dalam penggunaan VAR, Rizzoli meyakini bahwa penggunaan VAR akan terus berkembang dan bisa menjadi lebih baik lagi seiring berjalannya waktu.

“Peran VAR masih belum profesional, dalam beberapa tahun ke depan mereka semua akan menjadi profesional. Wasit jelas memilih untuk tidak membuat kesalahan, dalam hal ini kita harus menerapkan protokol yang sangat ketat,” tutur Rizzoli.

“Ini masih bisa berkembang, proyek VAR masih sangat muda dan karenanya akan disempurnakan melalui kesalahan.”

Artikel Tag: NIcola Rizzoli, Serie A, Video Assistant Referee, VAR