WhatsApp Uji Coba Fitur Hapus Pesan Gambar dan Video

Posted on

Jakarta, genericmedmart com WhatsApp kembali hadir dengan pembaruan.  Dikabarkan pembaruan ini untuk hapus pesan secara otomatis, alam bentuk media.

Jadi, foto, video, maupun GIF yang dikirimkan, akan dapat terhapus secara otomatis.Fitur baru ini diberi nama Expiring Media.

Seperti dilaporkan Gadget Ndtv, cara kerja fitur ini adalah pengguna terlebih dahulu mengaktifkan fitur Expiring Media dalam bentuk tombol mirip timer. Setelah foto, video, atau GIF yang dikirimkan akan terhapus secara otomatis setelah penerima pesan membukanya.

Informasi ini diketahui dari laporan WABetaInfo beberapa waktu lalu. WABetaInfo, situs yang sering mengungkap fitur baru WhatsApp, menduga fitur Expiring Media merupakan ekstensi dari Expiring Messanges, fitur hapus pesan otomatis di Grup WhatsApp yang sedang dikembangkan Facebook.

Meski sama-sama hadir dengan kemampuan menghapus pesan secara otomatis, kemampuan menghapus pesan dalam bentuk media ini berbeda dari teks yang sudah dilakukan terlebih dulu.

Artinya, pengirim pesan WhatsApp tidak dapat mengatur durasi pesan, sebelum terhapus otomatis. Karenanya, pesan akan langsung hilang, begitu penerima meninggalkan laman percakapan.

Nantinya, media yang terhapus juga tidak akan muncul dengan keterangan ‘This media has expired’. Oleh sebab itu, begitu pesan terhapus tidak ada jejak yang menandakan keberadaannya.

Berdasarkan tangkapan layar pula diketahui media yang akan terhapus secara otomatis, akan memiliki tampilan berbeda dari media biasa.

Dengan kata lain, penerima akan mengetahui bahwa media yang dikirimkan akan dihapus setelah dirinya meninggalkan laman percakapan.

Baca Juga :WhatsApp Web Akan Didukung Fingerprint

Fitur Media Expiring sedang diujicobakan pada sejumlah pengguna WhatsApp Android yang mengikuti Google Play Beta Program. Fitur ini tersedia di WhatsApp Android versi beta 2.20.201.1,

Mengingat fitur ini masih dalam pengembangan, belum diketahui kapan WhatsApp akan menggulirkannya untuk para pengguna.