Yuk, Berkenalan dengan Perbedaan HP Vivo Y50 dan Vivo Y51!

Posted on

Sebuah perusahaan ponsel pintar asal Hong Kong, Vivo di penghujung 2020 kembali mengumumkan anggota terbarunya yang termasuk ke seri Y, yaitu Vivo Y51. Padahal di awal kuartal kedua 2020 terlebih dahulu telah lahir Vivo Y50 yang menawarkan berbagai fitur terbaru.

Bila dilihat Vivo Y50 dan Vivo Y51 memiliki kesamaan dalam kapasitas baterai sebesar 5000 mAh, yang membuat kedua ponsel Vivo ini awet dan tahan lama saat digunakan. Tidak hanya itu, kamera selfie atau depan dari dua ponsel garapan Vivo ini mempunyai ukuran lensa yang selaras yaitu 16 MP, dengan ukuran tersebut maka hasil gambar yang dihasilkan pun pasti akan jernih.

Lalu, adakah perbedaan dari kedua ponsel pintar ini? Pastinya ada! Nah, kali ini Carisinyal akan mengajak kamu untuk berkenalan lebih dekat dengan perbedaan dari Vivo Y50 dan Vivo Y51. Biar tidak tambah penasaran, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Spesifikasi Vivo Y50

  • Rilis: April, 2020
  • Layar: IPS LCD, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 13 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi Vivo Y51

  • Rilis: Desember 2020
  • Layar: IPS LCD 6,58 inci
  • Chipset: Snapdragon 665
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Perbedaan Realme Vivo Y50 dan Y51

Meski tampak sama, akan tetapi kedua ponsel pintar ini punya perbedaan yang cukup menonjol. Perbedaan tersebut mulai  dari bagian bodi hingga spesifikasinya. Berikut beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui.

1. Ukuran Bodi Beda Tipis

Vivo Y51

Bagi mata orang awam mungkin kedua ponsel ini tampak sama bentuknya, namun jika ditelisik lebih lanjut Vivo Y50 dan Vivo Y51 mempunyai peberdaan dari segi desain dan bodi. Misalnya, untuk tata letak kamera depan Vivo Y50 menaruhnya di sisi sebelah kiri atas layar, sedangkan kameran selfie Vivo Y51 mejeng di tengah atas layar.

Sementara, untuk kamera utama dari kedua ponsel ini kompakan meletakannya di sisi kiri atas. Akan tetapi untuk formasi lensanya sedikit berbeda, bila Vivo Y50 lensa-lensanya berjajar ke bawah sedangkan Vivo Y51 membuat bentuk segitiga (satu lensa di atas dan dua lensa berada di bawahnya)

Begitupun dengan ukuran dimensi dari kedua ponsel ini yang bak saudara kembar, tipis sekali bedanya. Dimensi yang dimiliki Vivo Y51 lebih besar dengan ukuran 163.9 x 75.3 x 8.4 mm, sementara kakaknya berdimensi 162 x 76.5 x 9.1 mm. Dari ukuran dimensi yang hanya berbeda beberapa milimeter tersebut, tidak heran banyak orang yang mungkin tidak memperhatikan perbedaan dalam segi ini pada Vivo Y50 dan Vivo Y51.

Berlanjut ke segi bobot, mana nih menurut kamu yang lebih berat? Rupanya meski ukuran dimensi Vivo Y51 lebih besar tetapi bobotnya justru lebih ringan dibandingkan dengan Vivo Y50 yaitu 188 gram. Sedangkan, Vivo Y50 dilahirkan dengan berat 197 gram, terlihat perbedaan bobotnya hampir tembus 10 gram.

2. Selisih Layar Hampir Serupa

Vivo Y50

Berbicara soal tipe layar dari kedua ponsel pintar ini tidak ada bedanya, Vivo Y50 ataupun Vivo Y51 memasang layar bertipekan IPS LCD. Dengan pemasangan teknologi layar untuk tampilan kristal cair ini membuat tampilan warna lebih akurat, gambar menjadi tajam, dan tetap cerah walau di bawah sinar Matahari.

Perbedaan layar dari Vivo Y50 dan Vivo Y51 adalah terletak pada ukurannya. Ukuran layar yang terpasang di Vivo Y50 yaitu 6,53 inci, sedangkan Vivo Y51 mempunyai ukuran layar sebesar 6,58 inci. Hal ini membuktikan kalau layar milik Vivo Y51 lebih luas dengan layar-ke-bodi ~84,5%, sedangkan Vivo Y50 lebih sempit beberapa inci dengan layar-ke-bodi ~83,1%.

Pun dengan resolusi layar yang memiliki ukuran yang hampir sama. Namun, dalam hal ini Vivo Y51 lebih unggul dengan 1080 x 2408 piksel, disandingkan Vivo Y50 yang mempunyai resolusi layar yaitu 1080 x 2400 piksel. Sedangkan, untuk kerapatan piksel Vivo Y50 sedikit lebih tajam kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar. Vivo Y50 memiliki kerapatan piksel ~403 ppi, sementara Vivo Y51 dengan ketajaman layar ~401 ppi.

3. Pertarungan Kamera Utama

kamera vivo y50

Jujur, untuk masalah kamera sebenarnya tidak ada perbedaan yang sangat ketara. Mulai dari jumlah lensa pada kamera utama di Vivo Y50 yang berjumlah empat, sedangkan pada Vivo Y51 tampaknya harus kehilangan satu lensa kedalamannya sehingga total lensa yang dimilikinya hanya ada tiga.

Bila lensa ultrawide dan makro mempunyai resolusi yang sama yaitu 8 MP untuk lensa ultrawide dan 2 MP pada lensa makro, berbeda dengan resolusi lensa wide dari kedua ponsel ini. Resolusi lensa wide pada Vivo Y51 mengalami peningkatan yang jauh meninggalkan pendahulunya yaitu 48 MP, sedangkan resolusi lensa wide pada Vivo Y50 harus terpaku dengan ukuran 13 MP.

Hal tersebut membuat gambar yang dihasilkan Vivo Y51 akan lebih baik dan jernih daripada Vivo Y50. Untuk fitur kamera utama, Vivo Y50 dan Vivo Y51 kembali bergandengan tangan karena memiliki fitur sama yaitu LED Flash, HDR, dan Panorama.

Namun, dengan ukuran untuk pengambilan video bisa dibilang Vivo Y51 lebih maju karena dilengkangkapi dengan teknologi gyro-EIS, mampu menjaga keseimbangan dari guncangan saat merekam video.

Beralih ke kamera depan kedua ponsel pintar dari Vivo ini memiliki resolusi lensa yang sama yaitu 16 MP dan video sebesar [email protected] Hanya saja Vivo Y51 telah dilengkapi dengan fitur pada kamera depannya yaitu HDR, yang memungkinkan menjangkau pencahayaan dinamis lebih besar sehingga gambar yang dihasilkan memiliki citra pencahayaan lebih baik.

4. Beradu dalam Sistem Operasi

performa vivo y50

Menelusuri lebih dalam ke bagian CPU dari Vivo Y50 dan Vivo Y51 memiliki spesifikasi yang sama yaitu Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver), hal ini memungkinkan kedua ponsel pintar tersebut dapat bekerja cepat dan lancar saat menjalankan aplikasi.

Begitu pun dengan Unit Pemrosesan Grafis dari kedua ponsel pintar ini yang sama, Adreno 610. Tidak hanya itu, kedua ponsel ini dikudai oleh prosesor yang sama yaitu Snapdragon 665 dari Qualcomm. Lalu, apa yang membedakan dari kedua ponsel pintar ini dalam urusan platform?

Kamu bisa menemukannya pada sistem operasinya. Vivo Y50 masih bersistem operasi Android 10, sedangkan Vivo Y51 telah memasuki sistem operasi terbaru saat itu yaitu Android 11. Sebenarnya, penggunaan sistem operasi Android 10 pada ponsel pintar seperti Vivo Y50 telah dilengkapi dengan fitur aplikasi lebih baik dan antarmuka aplikasi pesan lebih menarik.

Namun, dengan sistem operasi Android 11 membuat ponsel didukung dengan fitur-fitur yang lebih baru lagi seperti fitur dark mode otomatis yang dapat diatur dan terjadwal, fitur privasi yang lebih ketat, dan adanya menu kendali yang baru yaitu smart home.

5. Lain-lain

vivo y51 fast charging 18w

Selain perbedaan yang terletak pada bodi, layar, sistem operasi, dan kamera, Vivo Y50 dan Vivo Y51 rupanya mempunyai perselisihan dalam hal proses pengisian cepat, konektivitas, warna, dan tidak ketinggalan harga. Baiklah, kita mulai dengan proses pengisian cepat dari kedua ponsel ini yang ternyata telah dibekali dengan teknologi fast charging.

Dengan teknologi pengisian cepat memungkinkan ponsel tidak perlu waktu yang lama untuk mendapatkan baterai penuh. Namun, dalam hal ini Vivo Y51 lebih ulung karena mendukung input pengisian maksimum 18W, sedangkan, Vivo Y50 harus puas dengan pengisian maksimum 15W. Vivo Y51 mengklaim dapat melakukan pengisian daya ponsel 70% hanya dalam 67 menit saja.

Dari segi konektivitas Vivo Y50 dan Vivo Y51 tampak seragam terkecuali pada fitur GPS. Selain, jenis A-GPS, GLONASS, GALILEO, Vivo Y51 menambahkan GPS BDS atau BeiDou Navigation Satellite System yang mempunyai sistem lebih baik.

Adapun perbedaan dalam fitur sidik jari, jika Vivo Y50 menyimpan fitur sidik jarinya di bagian belakang maka hal berbeda terjadi pada peletakan sidik jari Vivo Y51 yang berada di sisi bingkai ponsel. Peletakan sidik jari ini tentunya memilik plus dan minus.

Misalnya sidik jari yang berada di belakang tidak akan mengganggu implementasi layar dengan bezer tipis, tetapi bila ingin menggunakan sidik jari tersebut pengguna harus terlebih dahulu mengangkat atau membalikan ponsel. Kalau sidik jari yang berada di sisi bingkai ponsel memiliki akses yang mudah, namun masih sedikit ponsel yang memiliki fitur sidik jari yang di pinggir ini dan salah satunya Vivo Y51.

Bagi kamu yang berencana membeli Vivo Y50, ponsel pintar ini menawarkan beragam warna mulai Starry Black, Iris Blue, Iris Blue, hingga Pearl White. Namun, bila kamu jatuh cinta dengan Vivo Y51, maka kamu akan disuguhkan dengan dua variasi warna saja yaitu Titanium Sapphire, Crystal Symphony.

Ini yang ditunggu-tunggu yaitu harga, manakah yang lebih terjangkau? Untuk Vivo Y50 kamu bisa mendapatkannya dengan harga dikisaran Rp3,3 jutaan, sementara Vivo Y51 dibandrol Rp3,6 jutaan. Di sini, Vivo Y51 lebih mahal dibandingkan pendahulunya.

Simpulan

Benang merah dari pembahasan perbandingan spesifikasi kedua ponsel pintar ini bahwa Vivo Y50 ngetop dalam hal ketajaman layar yang tinggi, memiliki jumlah kamera utama lebih banyak, pilihan warna yang banyak, dan tentunya harganya lebih murah Rp200-300an dari Vivo Y51.

Sementara itu, catatan prestasi yang diraih oleh Vivo Y51 yaitu memiliki bentuk yang lebih besar tapi ringan, layar yang luas, resolusi lensa yang besar dilengkapi dengan teknologi gyro-EIS, sistem operasi yang maju yaitu Android 11, teknologi pengisian cepat lebih kencang, penambahan jenis GPS, dan sidik jari yang ditempel di bingkai/sisi ponsel.

Itulah tadi beberapa poin dari perbedaan antara Vivo Y50 dengan Vivo Y51. Jadi, kamu mau pilih yang mana nih atau masih bingung? Coba deh baca artikel kelebihan dan kekurangan Vivo Y50 di sini. Juga, kamu bisa pantau lebih lanjut kelebihan dan kekurangan Vivo Y51 di sini.